Pengertian dan Contoh Mubtada Khabar dalam Al-Qur'an

pengertian dan macam-macam mubtada khabar serta contohnya dalam Al-Qur'an

Pengertian dan contoh mubtada khabar
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

 

Muslimahkertas.web.id,  Salah satu jenis isim mu'rab yang marfu adalah mubtada khabar. Kalau kamu menemukan struktur kalimat dalam bahasa Arab yang diawali dengan bentuk isim atau disebut jumlah ismiyyah, maka dapat dipastikan itu adalah mubtada, sedangkan kalimat setelah mubtada adalah khabar.

Pengertian Mubtada Khabar

Mubtada dan khabar adalah dua isim yang membentuk susunan jumlah ismiyyah. Artinya, bila ada isim marfu' terletak di awal, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah mubtada. Dan isim marfu' yang selanjutnya disebut khabar.

Bila fail dan naibul sama-sama jumlah fi'liyah karena diawali dengan fiil. Sedangkan mubtada khabar adalah jumlah ismiyyah. Yang pertama, disebut mubtada, kalimat selanjutnya disebut khabar.

Tetapi tidak selamanya mubtada diawal dan khabar terletak setelah mubtada. Keadaan ini disebut khabar muqaddam dan mubtada muakhkhar, yakni ketika khabar menjadi di awal dan mubtada menjadi di akhir. 

Secara harfiah, mubtada adalah yang diterangkan, sedangkan khabar adalah yang menerangkan. 

Contoh:

ٌاللهُ سَمِيْع

Allah maha mendengar.

Allahu:  yang diterangkan, sedangkan samī'un: yang menerangkan Allah

Maka Allah disebut mubtada' dan sami'un sebagai khabar.

ٌالْمَسْجِدُ جَمِيْل

Masjid itu indah

Almasjidu: yang diterangkan, jamīlun: yang menerangkan masjid

Maka almasjidu sebagai mubtada dan jamīlun sebagai khabar.

Macam-macam Mubtada

Mubtada terdiri dari zhahir dan dhamir.

1. Mubtad zhahir

Contoh mubtada zhahir:  الْوَلَدُ نَشِيْط  (alwaladu nasyīthun)

"Anak laki-laki itu rajin"

 الولد: sebagai mubtada zhahir

2. Mubtada dhamir

Contoh mubtada dhamir:  هُوَ غَنِي  (huwa ghaniyyun)

"Dia adalah orang kaya"

هو: sebagai mubtada dhamir

Macam-macam Khabar

Khabar terdiri dari khabar mufrad dan khabar ghair mufrad.

1. Khabar mufrad 

Khabar mufrad adalah khabar yang susunannya mufrad (bukan berbentuk jumlah maupun menyerupai jumlah)

Contohnya seperti yang sudah disebutkan di atas. Contoh-contoh seperti Allāhu samī'un, huwa ghaniyyun.

Lafadz sami'un dan ghaniyyun merupakan khabar mufrad.

2. Khabar ghair mufrad

Khabar ghair mufrad adalah khabar yang susunannya berupa jumlah atau menyerupai jumlah.

  • Yang termasuk jumlah: jumlah ismiyah dan jumlah fi'liyah
  • Yang termasuk menyerupai jumlah atau syibhu jumlah: jar majrur dan zharaf.

Khabar Jumlah

Khabar jumlah bisa dalam bentuk jumlah ismiyyah maupun jumlah fi'liyyah. Berikut penjelasannya.

1. Khabar dalam bentuk jumlah ismiyah (mubtada khabar)

Contoh: عَلِيٌّ أَبُوْهُ غَنّي ('aliyyun abūhu ghaniyyun)

"Bapaknya Ali adalah orang kaya"

علي: sebagai mubtada marfu' dengan dhammah karena isim mufrad

ابوه: sebagai mubtada kedua marfu' dengan wau karena asmaul kahmsah juga sebagai mudhaf, ه sebagai mudhaf ilaih mabni dengan dhammah

غني: sebagai khabar dari mubtada kedua marfu' dengan dhammah karena isim mufrad

Jumlah dari أبوه dan غني (mubtada kedua dan khabar dari mubtada kedua) menempati posisi marfu' sebagai khabar dari mubtada pertama (علي).

Singkatnya:

علي: sebagai mubtada

أبوه غني: sebagai khabar

Dapat kita lihat bahwa khabarnya terdiri dari mubtada dan khabar. Maka khabar yang seperti ini termasuk khabar jumlah dalam bentuk jumlah ismiyyah.

2. Khabar dalam bentuk jumlah fi'liyyah (fiil fail)

Contoh: الْمَرِيْضُ يَضْعُفُ بَدَنُه  (al-marīdhu yadh'ufu badanuhu)

المريض: sebagai mubtada marfu' dengan dhammah karena isim mufrad

يضعف: sebagai fiil mudhare' ma'lum

بدنه: fail marfu'dengan dhammah karena isim mufrad, juga sebagai mudhaf,ه:  sebagai mudhaf ilaih mabni dengan dhammah

Jumlah dari يضعف dan بدنه (fiil dan fail) menempati posisi marfu'  sebagai khabar mubtada.

Singkatnya:

المريض : sebagai mubtada

يضعف بدنه : sebagai khabar

Dapat kita lihat bahwa khabarnya terdiri dari fiil dan fail. Maka khabar seperti ini termasuk ke dalam khabar jumlah dalam bentuk jumlah fi'liyyah.

Khabar syibhu jumlah atau yang menyerupai jumlah 

Khabar syibhu jumlah terdapat dalam jar majrur atau zharaf. Berikut penjelasannya.

1. Khabar yang terdiri dari jar majrur

Contoh: الْحَمْدُ لِله   (alhamdulillāhi)

"Segala puji bagi Allah"

الحمد: sebagai mubtada marfu' dengan dhammah karena isim mufrad

ل: huruf jar mabni dengan kasrah

الله: majrur dengan li, tanda majrurnya kasrah karena isim mufrad

Jumlah dari jar dan majrur menempati posisi marfu sebagai khabar mubtada

Singkatnya:

الحمد: sebagai mubtada

لله : sebagai khabar

Dapat kita lihat bahwa khabarnya terdiri dari jar dan majrur. Maka khabar seperti ini termasuk ke dalam khabar yang menyerupai jumlah dalam bentuk jar majrur.

2. Khabar yang terdiri dari zharaf

Contoh: السَّبُوْرَةُ أَمَامَ اْلأوْلَاد   (as-sabūratu amāmal-awlādi)

"Papan tulis di depan anak-anak laki-laki"

السبورة: sebagai mubtada marfu' dengan dhammah karena isim mufrad

أمام: sebagai zharaf makan. Sekaligus sebagai mudhaf

الأولاد: sebagai mudhaf ilaih majrur dengan kasrah karena jama' taksir

Jumlah dari zharaf/mudhaf dan mudhaf ilaih menempati posisi  marfu' sebagai khabar mubtada.

Singkatnya:

السبورة: sebagai mubtada

أمام الأولاد: sebagai khabar

Dapat kita lihat bahwa khabarnya terdiri dari zharaf. Maka khabar yang seperti ini termasuk ke dalam khabar yang menyerupai jumlah dalam bentuk zharaf.

Contoh Mubtada Khabar Dalam Al-Qur'an 

Pertama, dalam surah Alfatihah ayat 1:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

Alhamdu sebagai mubtada, lillahi sebagai khabar.

Kedua, dalam surah al-Baqarah ayat 229:

اَلطَّلَاقُ مَرَّتٰنِ ۖ فَاِمْسَاكٌۢ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ تَسْرِيْحٌۢ بِاِحْسَانٍ

Ath-thallâqu sebagai mubtada, marratâni sebagai khabar.

Ketiga, dalam surah Maryam ayat 33:

وَالسَّلٰمُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُّ وَيَوْمَ اَمُوْتُ وَيَوْمَ اُبْعَثُ حَيًّا

As-salamu sebagai mubtada, 'alayya sebagai khabar.

Keempat, dalam surah ar-Rahman ayat 6:

وَّالنَّجْمُ وَالشَّجَرُ يَسْجُدَانِ

An-najm sebagai mubtada, kemudian (terselang kata wasy-syajaru sebagai 'atau ma'thuf), yasjudan sebagai khabar.

Kelima, dalam surah al-Balad ayat 2:

وَاَنْتَ حِلٌّۢ بِهٰذَا الْبَلَدِۙ

Anta sebagai mubta, hillun sebagai khabar.

Keenam, dalam surah al-Baqarah ayat 233:

وَالْوٰلِدٰتُ يُرْضِعْنَ اَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ

Al-walidatu sebagai mubtada, yurdhi'na sebagai khabar.

Ketujuh, dalam surah al-Kahfi ayat 46:

اَلْمَالُ وَالْبَنُوْنَ زِيْنَةُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَاۚ

Almalu sebagai mubtada, terserang lafaz wal banun sebagai 'atau ma'thuf, zinatu sebagai khabar.

Demikian mengenai pengertian dan macam-macam mubtada khabar serta contohnya dalam Al-Qur'an. Setiap ada kalimat yang dimulai dengan isim, dapat dipastikan kedudukan kalimatnya adalah sebagai mubtada dan lafaz selanjutnya sebagai khabar. Itupun adakalanya terselang oleh kata yang lain sebagaimana contoh di atas.


Shopiah Syafaatunnisa adalah seorang ibu rumah tangga. Ia mulai menekuni dunia menulis di blog syafnis.com dan muslimahkertas.web.id. Tulisannya pernah dimuat di beberapa media online.

Posting Komentar